My Ramadhan this year..

Ini adalah beberapa aktivitas saya di bulan ramadhan kali ini. Saya berharap masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan di tahun depan supaya saya masih bisa memperbaiki kualitas ibadah ramadhan. Terus terang sepertinya ini adalah ramadhan terberat dalam hidup saya. Ternyata tidak mudah berpuasa menahan lapar dan emosi sambil menjaga dua anak balita yang sangat aktif dan mengerjakan tugas-tugas rumah tangga lainnya. Saya merasa cepat cape dan mudah tertidur sehingga tidak banyak melakukan ibadah ramadhan lainnya 😦 .

Minggu pertama bulan Ramadhan, kami pergi ke jakarta menjemput papa saya yang kerjanya sudah selesai alias pensiun. Nah, sambil ke jakarta sekalian deh kita mampir ke tanah abang untuk belanja pakaian. Ketika disana, kita agak kalap melihat harga baju yang murah-murah, rasanya pengen beli ini-itu. Setelah baju cowo selesai dibeli baru kita mencari pakaian muslimah untuk saya dan mama. Agak susah juga nyarinya berhubung kita ga kenal medan dan para lelaki pun sudah ngomel-ngomel nyuruh cepetan abisnya udah cape.

Nah pas akhirnya ketemu yang cocok dihati dan pas mau bayar ternyata dompet si mama tidak ada. Setelah diperhatikan, pada tasnya ada bekas sobekan, ternyata si mama menjadi korban silet. Tasnya di silet dan dompetnya diambil. Rasanya marah banget ama tu copet. untungnya tidak semua uang mama disimpan di dompet itu. Kejadian ini bikin semangat puasa turun dan mood belanja bener-bener hilang. Dan setelah kita cerita ama sodara kita yang di jakarta ternyata oh ternyata baru tau bahwa di tanah abang itu emang gudangnya copet. Jadi kalau kesana kita mesti hati-hati menyimpan uang kita bahkan kalau bisa tidak usah membawa tas segala.Tapi, kalau keluarga sih udah pada kapok, ga mau lagi ke tanah abang.

Ramadhan kali ini saya benar-benar belajar menjadi ibu rumah tangga dengan tugas utama mengasuh anak dan meyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur. Memasak di bulan ramadhan ini agak memakan waktu, karena harus menyiapakan semacam appetizer dulu (untuk buka) baru makanan berat dan makanan sahur. Proses memasak ini saja bisa menghabiskan waktu setengah hari (dicicil sambil jaga anak). Untungnya suami saya pun suka memasak, khususnya appetizer. Dia lumayan banyak mencoba berbagai resep puding dan kue tradisional. Dari mulai puding labu, puding coklat, berbagai puding dengan dua warna yang beda, puding apel yang dipanggang, kue pastel, karoket, risoles dll.

Sedangkan untuk makanan berat, saya belajar masak soto ayam, belajar masak sop daging dengan bumbu rempah yang aneh-aneh (ada kayu manisnya, cengkeh dan rempah lainnya yang saya pun ga tau namanya, cuma itu memang udah satu paket gitu dan kalau pake rempah-rempah itu bikin sop jadi enak banget).  Saya juga bikin kue kering, tapi cuma bikin kue keju, nastar dan choco chips aja, sisanya beli!.

My first ketupat

Saya juga belajar bikin ketupat dan bisa, Finally!! setelah beberapa tahun mencoba namun gagal dan bikin males untuk mencoba lagi. Kalau udah bisa menganyam ketupat jadi senang ya..dan keterusan pengen bikin lagi.

4 thoughts on “My Ramadhan this year..

  1. Aaaaaahh gilaaaa, memasak sampe setengah harii? Entah kenapa baca postinganmu jadi makin males belajar masak. Hahaha. Aduuhh eike ndak siap jadi ibu rumah tangga niyyy, kmrn ngelap2 meja sama nyuci gelas aja rasanya udah super capeeek 😦

    • jadi lama soalnya, bikinnya untuk dua kali makan (buka n sahur)..sambilan disambi jaga bocah..jadi misalnya..awalnya siap2in bahan..skip..motong2 bahannya dulu..skip..terus bikin2 bumbunya…skip…baru diolah..sambil jaga anak sambil nonton/ngenet..jadi santai gt..
      tapi emang rasanya yg dikerjain di ramadhan masak doang…

  2. Haha Ninta..ntar klo dah nikah instinct IRT-nya muncul dgn sendirinya kok, ya kan Pi?

    Ho oh, masak pas puasa itu perjuangan bgt ya, gw yg cuma masakin buat suami aja berasa berat bener.. apalagi kmrn sambil hamil gede, puasany smp dipending dlu hehe (pas ART mudik)

    Mudah2an masih ketemu Ramadhan tahun depan dan bisa lebih dioptimalkan segala ibadahnya ya Pi… amiinn!

    • iya, terpaksa kudu masak walaupun ga rutin, soalny ga ada pilihan,klo ga kita kerjain, ya siap lagi?klo beli diluar mulu, bisa bankrut gw mah..

      masak sambil puasa..beuh godaannya blm lemesnya..hehe

      iya nih ci, aku ga optimal bgt ibadah ramadhannya…susaaah..being on call 24 hours as FTM for the twin..jd ga konsen ibadah..mudah2an masih dikasih kesempatan di tahun depan…amiiiin..

Leave a comment