Si Kembar yang Tidak Sama

Saya penasaran, apakah fenotip atau sifat turunan itu terbatas pada sifat fisik saja ataukah hingga ke hal-hal nonfisik (misalnya kepribadian)? Kalau memang diturunkan berarti ada genotipnya juga dong???

Kenapa saya penasaran..ini karena saya punya anak kembar. Punya anak kembar membuat kita bisa membandingan mereka satu sama lain. Konon katanya kesamaan kromosom mereka adalah 50%. Biasanya orang mengira kalau anak kembar pasti wajahnya sulit dibedakan dan perilakunya juga mirip. Tapi hal ini tidak berlaku untuk anak kembar saya. Penampilan fisik dan kepribadian bawaan mereka sangat berbeda, yang satu mirip ayahnya dan yang satu lagi mirip saya. Kalau penampakan fisik, mudah dibayangkan kalau itu memang hasil dari gen yang mereka warisi. Bentuk muka, bentuk hidung yang mancung atau pesek, mata belo atau kecil, bibir lebar atau kecil, ada belah dagu, rambut ikal dll.

Tapi yang bikin saya agak heran adalah sifat kepribadian bawaan mereka yang muncul dengan spontan dan kira-kira teramati dari usia awal (kurang dari setahun). Muncul dengan spontan maksudnya sifat itu muncul tiba-tiba dan tanpa kita latih, berhubung usia mereka saat itu belum memasuki masa meniru  lingkungan.

Beberapa sifat bawaan si kembar yang teramati oleh saya ialah:

Ariq-mirip papa bangeet

Ariq

Sifat fisik: Hidung, bibir, bentuk muka, alis dan belahan dagu dari ayahnya. Matanya mirip kakeknya.

Kepribadian:

Ramah dengan orang asing. Kalau jalan-jalan dia mudah menyapa orang, memberi salam kalau disuruh, apalagi kalau ada bayi/balita cewe..deuh tanpa disuruh pun dia spontan mencium tangan cewe itu, hihihi.

Suka mengamati lingkungan. Ariq paling ga bisa diam, dia suka mencoba-coba benda disekitanya, dipegang, dibanting-banting, dirasain, dirabain dll.

Pemberani. Dia susah ditakut-takutin. Biasanya kalau anak kecil dilarang tapi ga mempan, nah langkah selanjutnya adalah menakut2i..tp ini ga mempan juga sama dia.

Agak cuek dengan respon dari orang. Kalau dia lagi fokus ama sesuatu, terus kita panggil, dijamin dia ga akan nengok. Mau adiknya nangis kaya apapun..dia ga peduli, tetep fokus aja ama kegiatannya. Mau orang marah sama dia, dia biasa aja..ga merasa bersalah.

(Sifat kepribadian ini miriiip ayahnya banget).

atar-mirip mama bangeeet

Atar

Sifat Fisik: Mata dan belah dagu dari ayahnya. Bentuk muka, hidung, bibir, alis mirip bundanya.

Kepribadian:

Cepat menangkap sesuatu hal baru. Dia mudah diajarin hal-hal baru dan cepat bisa mengulang hal tersebut. Misalnya belajar menyebutkan nama-nama objek. Bahkan pada saat usianya kira-kira 1,5 tahun dia bisa membuka celana sendiri (itupun tanpa kita latih).

Perhatian dengan respon orang-orang. Dia tau kalau ariq nangis dan kalau orang marah sama dia, mukanya seperti merasa bersalah dan bahkan akan menangis.

Agak judes dengan orang yang baru dilihat. Dia susah dekat dengan orang yang baru dilihatnya. Butuh beberapa kali interaksi baru dia bisa dekat dengan orang baru tersebut.

Penakut. Dia mudah ditakut-takuti..hehe dan pelit.

(Sifat kepribadian atar ini miriip saya bangeet).

Yang awalnya menarik perhatian saya adalah sifat pelitnya atar. Dia paling susah kalau diminta berbagi ama ariq atau misalnya kita minta makanannya. Padahal kalau ariq sebaliknya. Dan sifat pelit ini kan ga ada yang ngajarin (ga mungkin dong pas awal-awal lahir ortu dan keluarga lainnya pelit ama dia, berhubung dia masih bayi) tapi satu yang pasti, yaitu saya juga peliiit (hehehe…tp bundanya lg belajar koq utk mengubah sifat jelek ini). Terus kalau dari ariq, sifat  yang bikin ngeh itu…sifat cueknya. Berhubung kita juga ga mungkin dong cuek sama bayi yang baru lahir..dan sifat ini miriiip banget ama ayahnya.

Kalau seperti ini, berarti dari mana kepribadian spontan itu berasal? Apakah mungkin bila sifat itu diturunkan dan ditulis di DNA kita??. Kayanya belum pernah belajar tentang ini di ilmu biologi atau bahkan biokimia. Kalau kata suami saya sih, memang pernah ada yang bilang, manusia itu mempunyai memori tingkah laku yang diturunkan. Tapi saya lupa lagi detail ceritanya.

Leave a comment