Saya ingin mereka senang belajar

Mempunyai anak dan membesarkannya dengan pembentukan karakter yang baik bukanlah perkara mudah, setidaknya untuk saya. Salah satu aspek yang sering saya pikirkan ialah mengenai pendidikan mereka atau tepatnya mengenai input pengetahuan untuk mereka. Manakah jalan terbaik untuk pendidikan mereka?.

Terus terang saya agak keberatan kalau nanti harus memasukkan mereka ke pendidikan formal yang konvensional dimana anak didik menghabiskan sebagian besar waktunya secara pasif, duduk di kelas hanya mempelajari bahan yang diajari gurunya, mengulang-ulangi apa yang gurunya katakan kemudian pulang ke rumah dengan membawa setumpuk PR serta tas berisi buku-buku yang banyak dan sangat bahagia apabila kelas diliburkan atau gurunya tidak masuk. It seems like a nightmare to me…

Saya tidak ingin mereka menjadi robot dalam pendidikan, yang mati rasa ingin tahunya. Saya ingin mereka menjadi manusia yang pikirannya bisa bebas bertanya-tanya, imajinasinya bisa terbang luas. Saya ingin mereka tidak merasa belajar sebagai suatu beban melainkan sebagai sesuatu yang FUN. Seandainya pun harus sekolah, saya ingin mereka senang di sekolah itu, pulang ke rumah dan bercerita dengan berapi-api mengenai aktivitas mereka di sekolah dan tidak sabar untuk kembali lagi ke sekolah. Is it too much? or is it impossible??.

Saya tidak mengharapkan mereka selalu rangking satu atau selalu masuk sepuluh besar. Saya tidak mengharapkan mereka hapal seablek rumus ilmu pengetahuan. Saya hanya berharap mereka senang belajar!! itu saja. Dan dengan menjadi orang yang senang belajar, saya berharap suatu saat mereka menjadi pribadi yang kritis dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi (di samping karakter lain, seperti baik, berguna, jujur dkk).

Dan saya juga berharap saya dapat berguna bagi mereka, menjadi orang yang bisa memfasilitasi pembentukan karakter tersebut, menemani mereka belajar dan mendampingi mereka dikala mereka mencari jawaban atas segenap pertanyaan di pikiran mereka. Is it possible??.

Leave a comment